Artikel Kesehatan / Kesehatan

5 Faktor Ini Yang Menyebabkan Gangguan Pencernaan Pada Anak

5 Faktor Ini Yang Menyebabkan Gangguan Pencernaan Pada Anak

5 Faktor Ini Yang Menyebabkan Gangguan Pencernaan Pada Anak

Anak-anak rentan terhadap penyakit bahkan setelah Anda berhati-hati dengan diet mereka, dan kebersihan. Fakta nya adalah bahwa Anda memiliki kendali penuh atas mereka hanya sampai hari-hari mereka ketika masih bayi. Begitu mereka mulai pergi ke sekolah atau bermain, mereka terkena elemen eksternal yang akan memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan mereka. Di antara banyak masalah kesehatan umum adalah gangguan pencernaan atau sakit perut.

Sering ditandai dengan sensasi terbakar di bagian belakang tenggorokan, ditambah dengan rasa tidak nyaman di dada dan perut, gangguan pencernaan bisa sangat mengganggu dan melemahkan bagi anak-anak. Gangguan pencernaan pada anak-anak terjadi ketika mereka makan banyak makanan, terlalu cepat atau makan makanan yang tidak sesuai dengan tubuh mereka. Melihat anak-anak menderita mungkin merupakan pengalaman paling menyakitkan bagi orangtua. Alih-alih merasa tidak berdaya, adalah baik untuk mengetahui fakta-fakta tentang gangguan pencernaan, dan menangani masalah secara langsung. Baca di bawah untuk tahu lebih banyak.

Gangguan Pencernaan Pada Anak-Anak

Gangguan pencernaan dikaitkan dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut bagian atas (dispepsia) atau terbakar di sekitar tulang dada (mulas).

Biasanya, kedua dispepsia dan mulas terjadi bersama-sama dalam kasus gangguan pencernaan. Kondisi ini terjadi dengan kembung, sensasi terbakar, bersendawa terus-menerus, dan mual. Dalam banyak kasus, gangguan pencernaan adalah sindrom pasca makan yang terjadi setelah Anda makan.

Penyebab Gangguan Pencernaan Pada Anak-Anak

Penyebab utama gangguan pencernaan adalah asam lambung yang merobohkan lapisan pelindung sistem pencernaan (mukosa), yang menyebabkan rasa sakit, iritasi, dan peradangan. Semua ini disatukan menyebabkan ketidaknyamanan meskipun untuk sementara waktu. Pada sebagian besar anak-anak, bahkan tidak ada peradangan tetapi hanya meningkatkan sensitivitas mukosa. Jika itu masalahnya, gangguan pencernaan akan berlangsung hanya beberapa jam.

Memahami penyebab di balik reaksi asam lambung ke mukosa akan membantu dalam mengatasi kondisi tersebut. Berikut beberapa penyebab gangguan pencernaan:

1. Penggunaan Obat Tertentu

Gangguan pencernaan dapat terjadi karena penggunaan obat-obatan tertentu. Bahkan, ketika Anda mengunjungi dokter anak Anda dengan kondisi tertentu, obat yang diresepkan dapat berpotensi menyebabkan mulas. Dokter mungkin tidak memperingatkan Anda tentang efek samping ini.

2. Obesitas

Obesitas adalah masalah umum yang mencengkeram orang dewasa dan anak-anak. Ini adalah gaya hidup modern dan kebiasaan makan kita yang harus disalahkan. Namun demikian, faktanya adalah bahwa obesitas juga merupakan penyebab utama gangguan pencernaan.

3. Stres dan Kecemasan

Stres ada di mana-mana dan bahkan dihadapi oleh anak-anak. Efek langsung dari peningkatan stres adalah kebiasaan makan yang salah, yang menyebabkan gangguan pencernaan. Tidak jarang anak-anak makan lebih banyak ketika mereka sedang tertekan.

4. Hiatus Hernia

Hernia adalah suatu kondisi di mana bagian internal tubuh, seperti organ, mendorong ke jaringan otot yang lemah di sekitarnya. Hiatus hernia terjadi ketika bagian perut mendorong ke atas diafragma. Ini akan memblokir esofagus untuk sementara, yang mengarah ke refluks asam dan akhirnya ke gangguan pencernaan.

5. Perut Ulkus Atau Kanker Perut

Ulkus lambung mirip dengan luka terbuka yang berkembang di dinding bagian dalam perut anak Anda atau usus kecil. Orang dengan sakit maag mengalami gangguan pencernaan sebagai gejala umum. Dalam kasus yang jarang terjadi, gangguan pencernaan sering juga dapat mengindikasikan kondisi yang parah dan mengancam jiwa, kanker lambung.

Baik, itulah 5 penyebab yang paling umum yang menyebabkan gangguan pencernaan pada anak, bahkan bisa juga pada orang dewasa. Maka dari itu, jagalah kesehatan dan asupan makan ana Anda. Semoga artikel nya bermanfaat dan salam sehat. 🙂

Posted by : Ragam Obat Herbal

5 Faktor Ini Yang Menyebabkan Gangguan Pencernaan Pada Anak

[Baca juga : Jelly Gamat QnC]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *