Artikel Kesehatan / Kesehatan / Suplemen

Ada Berbagai Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan Tubuh

Ada Berbagai Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan Tubuh

Apa Itu spirulina ?

Spirulina adalah nama bagi satu bentuk makanan tambahan yang mirip kepada Chlorella dan Aphanizomenon flos-aquae. Ada dua jenis spirulina spesis cyanobacteria: Arthrospira platensis, dan Arthrospira maxima. Spirulina merupakan ganggang biru-hijau yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau sebagai suplemen.

Apa Saja Manfaat Nutrisi Spirulina ?

Manfaat Spirulina – Spirulina dikenal sebagai makanan padat nutrisi karena dikemas penuh dengan vitamin, termasuk vitamin A, C, E dan vitamin B, serta sejumlah besar mineral seperti kalsium, magnesium, seng dan selenium. Dan ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Secara khusus, vitamin C dan selenium adalah antioksidan sekaligus membantu melindungi sel dan jaringan kita dari kerusakan.

1. Manfaat Spirulina Untuk Diabetes

Ada beberapa penelitian tentang manfaat spirulina dan efek positifnya pada kadar glukosa darah. Pada 2017 sebuah makalah diterbitkan yang menunjukkan bahwa spirulina menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes dan para peneliti menyarankan bahwa ini mungkin bermanfaat di masa depan bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1. Ini lebih lanjut didukung oleh penelitian lain dalam Journal of Medicinal Food yang menemukan suplementasi spirulina 2g sehari selama 2 bulan pada 25 orang dengan diabetes tipe 2 membantu mengendalikan kadar gula darah dan meningkatkan profil lipid mereka. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kita dapat mengatakan dengan pasti bahwa spirulina bermanfaat dalam mengelola kondisi seperti diabetes.

2. Spirulina Memiliki Sifat Antioksidan dan Anti Radang Yang Kuat

Phycocyanin adalah senyawa aktif utama dalam spirulina. Ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Kerusakan oksidatif dapat merusak DNA dan sel Anda. Kerusakan ini dapat mendorong peradangan kronis, yang berkontribusi terhadap kanker dan penyakit lainnya.

Spirulina adalah sumber antioksidan yang fantastis, yang dapat melindungi dari kerusakan oksidatif. Komponen aktif utamanya disebut phycocyanin. Zat antioksidan ini juga memberikan spirulina warna biru-hijau yang unik. Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan menghambat produksi molekul pensinyalan inflamasi, memberikan efek antioksidan dan antiinflamasi yang mengesankan.

3. Spirulina Dapat Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida “Buruk”

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Banyak faktor risiko yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Ternyata, spirulina berdampak positif pada banyak faktor ini. Misalnya, dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL “jahat” dan trigliserida, sambil meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

Dalam sebuah penelitian pada 25 orang dengan diabetes tipe 2, 2 gram spirulina per hari secara signifikan meningkatkan tanda-tanda baik.

Studi lain pada orang dengan kolesterol tinggi menentukan bahwa 1 gram spirulina per hari menurunkan trigliserida sebesar 16,3% dan LDL “buruk” sebesar 10,1% .

Beberapa penelitian lain telah menemukan efek yang menguntungkan walaupun dengan dosis yang lebih tinggi 4,5–8 gram per hari.

4. Spirulina Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah pendorong utama banyak penyakit serius, termasuk serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis.

Sementara 1 gram spirulina tidak efektif, dosis 4,5 gram per hari telah terbukti mengurangi tekanan darah pada individu dengan kadar normal.

Pengurangan ini diperkirakan didorong oleh peningkatan produksi oksida nitrat, molekul pensinyalan yang membantu pembuluh darah Anda rileks dan melebar.

5. Spirulina Dapat Memperbaiki Gejala Rhinitis Alergi

Rinitis alergi ditandai oleh peradangan pada saluran hidung Anda. Ini dipicu oleh alergen lingkungan, seperti serbuk sari, bulu hewan atau bahkan debu gandum.

Spirulina adalah pengobatan alternatif yang populer untuk gejala rinitis alergi, dan ada bukti bahwa itu bisa efektif.

Dalam satu penelitian di 127 orang dengan rinitis alergi, 2 gram per hari secara dramatis mengurangi gejala seperti keluarnya hidung, bersin, hidung tersumbat dan gatal-gatal.

Suplemen spirulina sangat efektif melawan rinitis alergi, mengurangi berbagai gejala.

6. Spirulina Mungkin Efektif Melawan Anemia

Ada berbagai bentuk anemia. Yang paling umum ditandai dengan berkurangnya hemoglobin atau sel darah merah dalam darah Anda. Anemia cukup umum pada orang dewasa yang lebih tua, yang mengarah ke perasaan lemas dan kelelahan yang berkepanjangan.

Dalam sebuah studi pada 40 orang tua dengan riwayat anemia, suplemen spirulina meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Perlu diingat bahwa ini hanya satu studi. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum rekomendasi dapat dibuat.

7. Spirulina Dapat Meningkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Kerusakan oksidatif yang diinduksi oleh olahraga merupakan kontributor utama kelelahan otot. Makanan nabati tertentu memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu atlet dan individu yang aktif secara fisik meminimalkan kerusakan ini.

Spirulina tampaknya bermanfaat, karena beberapa studi menunjukkan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot.

Dalam dua penelitian, spirulina meningkatkan daya tahan, secara signifikan meningkatkan waktu yang dibutuhkan orang untuk tetap kuat.

Baik, itulah berbagai manfaat dari spirulina yang perlu Anda ketahui. Dan masih banyak manfaat lainnya dari spirulina.


Apakah Spirulina Aman Untuk Semua Orang ?

Alga ini juga merupakan sumber zat besi vegan yang sangat baik, menyediakan 1,4mg per 5g sendok teh yang merupakan sekitar 16% dari tunjangan harian yang direkomendasikan untuk pria di atas 18 tahun dan wanita di atas 50 tahun, dan 10% untuk RDA untuk wanita berusia 19 tahun. -49 tahun.

Apakah Ada Efek Samping Spirulina ?

Spirulina juga mengandung garam. Satu sendok teh 5g mengandung 0,13g natrium yang diperhitungkan 2% yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Jika Anda tahu garam adalah masalah bagi Anda, atau Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka selalu periksa dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen spirulina. Orang lain yang harus memeriksa dengan dokter mereka sebelum mengambil spirulina termasuk mereka yang minum obat resep, wanita hamil atau menyusui dan siapa pun yang lebih muda dari 18.


Itulah beberapa penjelasan tentang berbagai manfaat dari spirulina untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel nya bermanfaat dan salam sehat.

Artikel ini diterbitkan pada 14 Maret 2019.

Nicola Shubrook adalah ahli terapi nutrisi dan bekerja dengan klien swasta dan sektor korporasi. Dia adalah anggota terakreditasi dari Asosiasi Inggris untuk Terapi Gizi dan Nutrisi Terapan (BANT) dan Dewan Kesehatan Pelengkap & Kesehatan Alami (CNHC). Cari tahu lebih banyak di urbanwellness.co.uk .

Semua konten kesehatan di ragamobatherbal.net disediakan hanya untuk informasi umum, dan tidak boleh diperlakukan sebagai pengganti saran medis dari dokter Anda sendiri atau profesional kesehatan lainnya. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan umum Anda, Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan setempat.

Sumber-sumber :
https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-spirulina
https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina#section11

Anda Pengen Produk Spirulina ?

Langsung saja KLIK : Walatra Spirulina Platensis Kapsul

Posted by: Ragam Obat Herbal

Ada Berbagai Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *