Artikel Kesehatan / Kesehatan

Apakah Sianida Merupakan Zat Beracun?

Apakah Sianida Merupakan Zat Kimia Beracun?

Sianida merupakan racun yang telah digunakan sejak Mesir kuno, tapi bagaimana cara kerjanya? Untuk membantu kami menjawab pertanyaan ini, kita akan belajar tentang struktur sianida zat kimia ini, di mana itu ditemukan, dan bagaimana berinteraksi dengan molekul biologis kunci dalam tubuh manusia.

Apa Sianida?

Apakah Sianida Merupakan Zat Beracun? Sianida adalah cepat bertindak, kimia mematikan berpotensi yang dapat eksis baik sebagai gas dan sebagai garam kristal. Kedua bentuk dapat mematikan dalam konsentrasi cukup tinggi. Beberapa orang dapat mendeteksi khas ‘almond pahit’ bau sianida, meskipun ini bukan indikator yang dapat diandalkan karena tidak selalu memberikan off, dan tidak semua orang bisa mendeteksi itu.

Sianida ditemukan berlimpah di alam serta dalam bahan buatan manusia. Contohnya termasuk biji apel dan buah persik, serta asap rokok dan bahan pemusnahan hama. Ini juga hadir di udara ketika sebuah bangunan yang terbakar, biasanya karena hal plastik – yang mengandung sianida – terbakar. Sianida membunuh dengan mencabut tubuh oksigen.

Formula kimia dari Sianida

zat sianida 1Sianida adalah molekul yang sangat sederhana yang terdiri dari satu karbon dan satu atom nitrogen terhubung bersama oleh ikatan rangkap tiga. Ini adalah ion dan membawa muatan negatif 1-. Diagram ini merupakan struktur kimia dari ion sianida. Ion yang ditampilkan dalam tanda kurung persegi dengan biaya luar.

Untuk membantu kita memahami bagaimana sianida bertindak sebagai racun, kita melihat Diagram Lewis, atau diagram yang menunjukkan ikatan antara atom-atom molekul dan elektron, untuk melihat di mana elektron. Dalam diagram ini, Anda akan melihat ikatan rangkap tiga antara atom dan sepasang unshared elektron pada setiap atom.

zat sianida 2Dalam diagram, Anda dapat melihat ada sepuluh elektron, enam di tiga ikatan antara karbon dan atom nitrogen dan sepasang unshared elektron pada kedua nitrogen dan atom karbon. Sepuluh elektron merupakan jumlah dari semua elektron valensi dalam molekul plus atau minus biaya apapun jika itu ion. Dalam sianida, karbon membawa empat elektron valensi dan nitrogen membawa lima; ditambah ada satu tambahan dari muatan ion. Jadi, 4 + 5 + 1 = 10 elektron keseluruhan. Kami menulis rumus untuk ion sianida sebagai CN-.

Sementara atom nitrogen cukup senang dengan tiga ikatan dan pasangan elektron unshared dari, atom karbon sangat bahagia memang! Untuk menjadi stabil, karbon cenderung membentuk empat ikatan. Di sini telah membentuk tiga ikatan, dan juga memiliki sepasang unshared elektron. Hal ini membuatnya sangat tidak stabil. Ini ketidakstabilan ini berarti bahwa ion sianida sangat reaktif.

Ion sianida tidak ada sendirian dan bentuk umum dari sianida adalah hidrogen sianida (HCN), yang biasanya menghirup sebagai gas, dan garam kristal kalium sianida (KCN) dan natrium sianida (NaCN), yang dapat dikonsumsi di, atau dengan, makanan dan minuman.

Pengaruh Sianida

Efek racun sianida sangat tergantung pada seberapa banyak Anda terkena, untuk berapa lama Anda terkena, dan apakah sianida yang terhirup atau tertelan. Ini mungkin untuk terkena sianida oleh menghirup udara, air minum, makan makanan, atau menyentuh tanah yang mengandung sianida. Sianida memasuki air, tanah, atau udara sebagai hasil dari kedua proses alam dan kegiatan industri. Ketika hadir di udara, biasanya dalam bentuk gas hidrogen sianida, HCN.

Semua senyawa sianida yang sangat beracun dan jumlah yang relatif kecil dapat membunuh seseorang. Sebuah 160-pound dewasa memiliki kesempatan 90% kematian setelah mengkonsumsi hanya sekitar 0.4g kalium sianida. Satu sendok teh mengandung sekitar 60 kali jumlah ini!

Kristal potasium sianida tampak seperti garam meja biasa atau gula dan mudah larut dalam air, membuatnya menjadi kandidat yang sempurna untuk meracuni seseorang dan metode favorit digambarkan dalam film Hollywood. Namun, tidak seperti film di mana kematian hampir seketika setelah mengkonsumsi sianida dicampur sampanye, kematian akibat konsumsi biasanya membutuhkan waktu antara 15 sampai 45 menit. Gas hidrogen sianida lebih beracun, karena luas permukaan besar paru-paru memungkinkan sianida untuk bertindak sangat cepat, dan dalam konsentrasi yang sangat tinggi, kematian bisa instan.

Sumber: http://study.com/academy/lesson/what-is-cyanide-definition-formula-effects.html

Itulah beberapa penjelasan yang bisa disampaikan mengenai Zat Sianida atau yang lebih dikenal dalam waktu dekat di negara kita (Indonesia) ini yaitu Zat Beracun Sianida Yang Mematikan ! (yang sudah memakan korban diantaranya Seorang wanita cantik yang meninggal dunia setelah meminum kopi yang mengandung zat sianida). Semoga pembahasannya bermanfaat dan salam sehat.

Posted by: www.ragamobatherbal.net

Apakah Sianida Merupakan Zat Beracun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *