Kesehatan

Apakah Yang Menyebabkan Diare Pada Anak

Apakah Yang Menyebabkan Diare Pada Anak ?

Definisi Diare Pada Anak

Apakah Yang Menyebabkan Diare Pada Anak

Diare adalah masalah yang sangat umum pada anak-anak. Diare sering terjadi, longgar, atau berair buang air besar (AB) yang berbeda dari pola normal anak. Kadang-kadang diare mengandung darah atau lendir. Mengidentifikasi diare ringan mungkin sulit karena pada anak-anak yang sehat, jumlah dan konsistensi dari AB bervariasi dengan usia dan diet. Misalnya, bayi ASI yang belum menerima makanan padat sering memiliki sering, mencret yang dianggap normal. Sebuah peningkatan mendadak dalam jumlah dan kelonggaran mungkin menunjukkan diare pada bayi tersebut. Namun, memiliki tinja berair selama lebih dari 24 jam tidak pernah normal.

Apakah Yang Menyebabkan Diare Pada Anak ?

Anak-anak dengan diare mungkin kehilangan nafsu makan mereka, muntah, menurunkan berat badan, atau demam. Jika diare parah atau berlangsung lama, dehidrasi mungkin. Bayi dan anak-anak bisa mengalami dehidrasi lebih cepat, kadang-kadang dalam waktu kurang dari 1 hari. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kejang, kerusakan otak, dan kematian.

Di seluruh dunia, diare menyebabkan 2 hingga 3 juta kematian per tahun terutama di negara-negara terbelakang. Di Amerika Serikat, diare menyumbang sekitar 9% dari rawat inap untuk anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

Penyebab Diare Pada Anak

Diare sering buang air besar berair, biasanya disebabkan oleh gastrointestinal (GI) infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit.

Spesifik kuman yang menyebabkan diare dapat bervariasi antar wilayah geografis tergantung pada tingkat sanitasi, pembangunan ekonomi, dan kebersihan. Misalnya, negara-negara berkembang dengan sanitasi yang buruk atau dimana kotoran manusia digunakan sebagai pupuk sering memiliki wabah diare ketika bakteri usus atau parasit mencemari tanaman atau air minum.

Di negara-negara maju, termasuk Amerika Serikat, wabah diare lebih sering dikaitkan dengan pasokan air yang terkontaminasi, orang-ke-orang kontak di tempat-tempat seperti pusat perawatan anak, atau “keracunan makanan” (ketika orang sakit dari benar diproses atau diawetkan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri).

Baca juga: Cara Mengatasi Diare Pada Anak.

Secara umum, infeksi yang menyebabkan diare adalah sangat menular. Sebagian besar kasus dapat menyebar ke orang lain selama seseorang mengalami diare, dan beberapa infeksi dapat menular lebih lama lagi.

Penyebab Diare Secara Umum

Apakah Yang Menyebabkan Diare Pada AnakDiare Akut Biasanya Disebabkan Oleh:

  • Gastroenteritis menular
  • Keracunan makanan
  • Penggunaan antibiotik
  • Alergi makanan

Sedangkan Diare Kronis Biasanya Disebabkan Oleh:

  • Faktor makanan, seperti intoleransi laktosa atau berlebihan dari makanan tertentu
  • Infeksi (terutama yang disebabkan oleh parasit)
  • Penyakit celiac
  • Penyakit radang usus

Infeksi Diare Dapat Menyebar Melalui:

  • Tangan kotor
  • Makanan atau air yang terkontaminasi
  • Beberapa hewan peliharaan
  • Kontak langsung dengan kotoran (yaitu, dari popok kotor atau toilet)

Apa pun bahwa infeksi kuman datang dalam kontak dengan dapat terkontaminasi. Ini termasuk mainan, mengubah tabel, permukaan di toilet, bahkan tangan seseorang menyiapkan makanan. Anak-anak dapat terinfeksi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi, seperti toilet atau mainan, dan kemudian menempatkan jari-jari mereka di mulut mereka.

Baca juga: Obat Diare Pada Anak.

Itulah beberapa masalah yang dapat menyebabkan diare pada anak. Maka dari itu cegah dan hindari anak Anda dari diare dan mulailah gaya hidup dan pola makan yang sehat. Semoga pembahasan artikel nya bermanfaat.

Posted by: Ragam Obat Herbal

Apakah Yang Menyebabkan Diare Pada Anak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *