Artikel Kesehatan / Kesehatan

Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

Selamat datang di Ragam Obat Herbal | Situs Kesehatan Terbaik & Terpercaya dalam memberikan informasi penting dan tips-tips menarik mengenai masalah dengan kesehatan tubuh. Simak dengan baik dan benar pembahasan berikut ini:

Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

cuci darah 1

Hemodialisis berasal dari kata “hemo” artinya darah, dan “dialisis ” artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis berarti proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis. Hemodialisis dikenal secara awam dengan istilah cuci darah.

Dialisis adalah proses perpindahan molekul terlarut dari suatu campuran larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi-permeabel. Molekul terlarut yang berukuran lebih kecil dari pori-pori membran tersebut dapat keluar, sedangkan molekul lainnya yang lebih besar akan tertahan di dalam kantung membran.

Cara Kerja
Pada cuci darah, dikeluarkan dari tubuh penderita dan diedarkan dalam sebuah mesin di luar tubuh, sehingga cara ini memerlukan jalan keluar-masuk aliran darah. Untuk itu dibuat jalur buatan di antara pembuluh arteri dan vena atau disebut fistula arteriovenosa melalui pembedahan. Lalu dengan selang darah dari fistula, darah dialirkan dan dipompa ke dalam mesin dialisis. Untuk mencegah pembekuan darah selama proses pencucian, maka diberikan obat antibeku yaitu Heparin.

Sebenarnya proses pencucian darah dilakukan oleh tabung di luar mesin yang bernama dialiser. Di dalam dialiser, terjadi proses pencucian, mirip dengan yang berlangsung di dalam ginjal. Pada dialiser terdapat 2 kompartemen serta sebuah selaput di tengahnya. Mesin digunakan sebagai pencatat dan pengontrol aliran darah, suhu, dan tekanan.

Dialisis adalah pengobatan menyelamatkan nyawa bagi mereka dengan penyakit ginjal tahap akhir (ESRD) . Namun, dengan kedua dialisis peritoneal (PD) dan hemodialisis , ada kesempatan ketika pasien mungkin memiliki efek samping dari pengobatan atau efek samping cuci darah.

Risiko Dan Efek Samping Dari Dialisis

Kedua efek samping cuci darah (hemodialisis) dan dialisis peritoneal dapat menyebabkan. Hal ini karena cara dialisis dilakukan dan fakta itu hanya dapat sebagian mengkompensasi hilangnya fungsi ginjal.

Kelelahan

Kelelahan, di mana Anda merasa lelah dan kelelahan sepanjang waktu, adalah efek samping yang umum pada orang yang menggunakan salah satu bentuk dialisis secara jangka panjang. Kelelahan diduga disebabkan oleh kombinasi dari:

1. Hilangnya fungsi ginjal yang normal
2. Efek dialisis dapat memiliki pada tubuh
3. Pantangan berhubungan dengan dialisis
4. Keseluruhan stres dan kecemasan bahwa banyak orang dengan pengalaman gagal ginjal

Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal (Hemodialisis)

Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah rendah ( hipotensi ) adalah salah satu efek samping yang paling umum dari hemodialisis. Hal ini dapat disebabkan oleh penurunan tingkat cairan selama dialisis. Tekanan darah rendah dapat menyebabkan mual dan pusing .

Cara terbaik untuk meminimalkan ini gejala tekanan darah rendah adalah untuk menjaga harian rekomendasi asupan cairan Anda. Jika gejala bertahan, Anda harus berkonsultasi dengan tim perawatan dialisis Anda karena jumlah cairan yang digunakan selama dialisis mungkin perlu disesuaikan.

Keracunan Darah
Orang yang menerima hemodialisis berada pada peningkatan risiko mengembangkan sepsis (keracunan darah). Di sinilah bakteri memasuki tubuh dan menyebar melalui darah, berpotensi menyebabkan kegagalan organ multiple.

gejala peringatan termasuk pusing dan suhu tinggi (demam) dari 38 C (100.4F) atau di atas.

Jika Anda memiliki suhu tinggi, telepon Unit dialisis Anda segera untuk saran. Atau, Anda dapat menghubungi NHS 111 atau lokal Anda layanan out-of-jam.
Jika Anda mengembangkan sepsis, Anda harus dirawat di rumah sakit dan diobati dengan suntikan antibiotik .

Kram Otot
Selama hemodialisis, beberapa orang mengalami kram otot , biasanya di kaki mereka lebih rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh otot-otot bereaksi terhadap kehilangan cairan yang terjadi selama hemodialisis. Konsultasikan tim perawatan dialisis Anda jika Anda memiliki kram otot yang menjadi sangat menyakitkan.

Kulit Yang Gatal
Banyak orang yang menerima pengalaman hemodialisis kulit gatal , yang disebabkan oleh penumpukan mineral dalam tubuh antara sesi dialisis. Memberitahu tim perawatan Anda jika kulit Anda menjadi sangat gatal.

Efek Samping Lain
Efek samping lain dari hemodialisis dapat mencakup:

1. kesulitan jatuh tertidur ( susah tidur )
2. tulang dan sendi nyeri
3. hilangnya libido (gairah seks) dan disfungsi ereksi
4. mulut kering
5. kegelisahan

Efek Samping Dari Dialisis Peritoneal
Radang Selaput Perut

Efek samping yang umum dari dialisis peritoneal adalah infeksi bakteri pada peritoneum ( peritonitis ). Peritonitis dapat terjadi jika peralatan dialisis tidak tetap bersih. Jika ada bakteri pada peralatan, mereka dapat menyebar ke peritoneum (lapisan tipis jaringan yang melapisi bagian dalam perut).

Cara yang paling efektif untuk mencegah peritonitis adalah untuk menjaga peralatan dialisis Anda bersih. Anda akan diberikan pelatihan dalam cara untuk melakukan hal ini.

Tanda dan gejala peritonitis dapat meliputi:

1. sakit perut
2. suhu tinggi (demam) dari 38 C (100.4F) atau di atas
3. perasaan dan sakit
4. mengalami menggigil
5. cairan dialisis yang digunakan menjadi berawan

Hubungi Unit dialisis Anda segera jika Anda mengembangkan gejala-gejala ini. Atau, Anda dapat menghubungi NHS 111 atau lokal Anda layanan out-of-jam .

Peritonitis diperlakukan dengan suntikan antibiotik. Jika infeksi parah atau terus datang kembali, Anda mungkin perlu untuk beralih ke hemodialisis.

Sumber: http://www.nhs.uk/conditions/dialysis/Pages/Side-effects.aspx

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal, Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Untuk mengetahui akar permasalahan juga solusi terbaiknya, silahkan baca juga artikel lainnya seperti:
Cara Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah dan Pengobatan Ginjal Bocor Pada Orang Dewasa

Posted by: www.ragamobatherbal.net

Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

3 Comments

  1. Ayah saya baru jalanin cuci darah udah 14kali dan udh ganti alat 2kali..alat pertama saat cuci darah ayah saya sering ngedrop.terus batuk..pas di ganti alat ayah saya alhamdulillah ga begitu besar perut ny…kalau telat cuci darah efek ny gimana ya…ayah say cuci daram 1minggu 2 kali..ad obat ny ga ya kalau udah cuci darah..

    1. Iya baik, untuk keluhan penyakit gagal ginjal dan yang sedang menjalani cuci darah secara rutin, kami rekomendasikan dengan Obat Herbal Kidney Care Capsule.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *