Artikel Kesehatan / Kesehatan

Wajib Anda Ketahui Bahaya Penyakit Infeksi Tuberkulosis

Wajib Anda Ketahui Bahaya Penyakit Infeksi Tuberkulosis

Tuberkulosis, atau TB, adalah penyakit bakteri yang hampir selalu menginfeksi paru-paru, tetapi juga dapat menyebar ke hampir semua sistem organ untuk menyebabkan penyakit dan gejala. Inilah alasan mengapa skrining dan pengobatan dilakukan dengan penuh semangat, begitu banyak sehingga mandat hukum telah diloloskan dengan persyaratan yang berbeda tergantung pada status TB seseorang.

Wajib Anda Ketahui Bahaya Penyakit Infeksi Tuberkulosis

Tuberkulosis saat ini tetap menjadi epidemi di sebagian besar dunia, menyebabkan kematian hampir satu setengah juta orang setiap tahun, sebagian besar di negara-negara berkembang.

Seperti yang dikutip ndtv.com , berikut ini fakta-fakta tentang Tuberkulosis :

 Tuberkulosis (TB) adalah salah satu dari 10 penyebab kematian di seluruh dunia.
✓ Pada tahun 2015, 10,4 juta orang jatuh sakit dengan penyakit Tuberkulosis dan 1,8 juta meninggal karena penyakit (termasuk 0,4 juta di antara orang dengan HIV). Lebih dari 95% kematian akibat penyakit tersebut terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah.
✓ Enam negara mencakup 60% dari total, dengan India memimpin perhitungan, diikuti oleh Indonesia, Cina, Nigeria, Pakistan dan Afrika Selatan.
✓ Pada tahun 2015, diperkirakan 1 juta anak-anak menjadi sakit dengan TB dan 170.000 anak meninggal karena TB (tidak termasuk anak-anak dengan HIV).
✓ TB adalah pembunuh utama orang HIV-positif: pada tahun 2015, 35% kematian HIV disebabkan oleh TB.
✓ Secara global pada tahun 2015, diperkirakan 480.000 orang mengembangkan TB yang resistan terhadap berbagai obat (MDR-TB).
✓ Kejadian TB telah menurun rata-rata 1,5% per tahun sejak tahun 2000. Ini perlu dipercepat menjadi 4-5% penurunan tahunan untuk mencapai tonggak tahun 2020 dari “Strategi TB Akhir”.
✓ Diperkirakan 49 juta jiwa diselamatkan melalui diagnosis dan pengobatan TB antara tahun 2000 dan 2015.
✓ Mengakhiri epidemi TB pada tahun 2030 adalah salah satu target kesehatan dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang baru diadopsi.

Bahaya Penyakit Tuberkulosis (TB)

Tuberkulosis (TB) selalu dimulai di paru-paru, karena ditularkan melalui udara. Gejala yang paling umum adalah batuk, dan dengan keterlibatan paru-paru yang luas batuk menjadi produktif, pertama dengan lendir dan akhirnya dengan darah juga. Infeksi tuberjulosis biasanya mempengaruhi lobus atas paru-paru, dan sering bisa mengikis menjadi pembuluh darah, sehingga menyebar ke seluruh tubuh. Kerusakan jaringan paru-paru dapat terjadi dari waktu ke waktu, dan bahkan dapat menjadi ireversibel setelah titik tertentu.

Ada TB diseminata, ini juga dikenal sebagai TB miliaria, dan sering terjadi pada pasien immunocompromised (seperti pasien HIV) atau setelah penyakit paru yang luas mengarah pada penyebaran TB melalui aliran darah. Dapat menyerang organ apa saja, tetapi paling sering menyerang hati, sumsum tulang, ginjal, kelenjar adrenalin dan limpa. Gejala dapat bervariasi tergantung pada organ yang terlibat, dari penurunan oksigenasi darah ke infeksi bakteri yang tersebar luas dari darah (sepsis), dan dapat berakibat fatal banyak waktu.

Ada juga TB Pleura, dapat menyebar ke pleura, yang merupakan lapisan jaringan yang menyatukan paru-paru. Hal ini sering dapat menghasilkan kondisi yang dikenal sebagai efusi pleura, yang merupakan kumpulan cairan (sering terinfeksi TB) yang berkembang antara lapisan pleura dan paru-paru, dan dapat menyebabkan masalah dengan pernapasan dan oksigenasi. Jika cairan terinfeksi, ia dikenal sebagai empyema, dan dapat memerlukan drainase bedah.

Dan juga TB Sistem Genitourinary yang dapat menginfeksi ginjal, alat kelamin dan ureter. Gejala biasanya terlokalisir ke tempat infeksi hadir, dan manifestasi umum termasuk nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin dan peningkatan frekuensi buang air kecil. Efek pada ginjal bisa sangat merusak tetapi jarang terjadi, dan termasuk gagal ginjal, batu ginjal dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Pengobatan Penyakit Tuberkulosis (TB)

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit yang dapat diobati dan disembuhkan. Aktif, penyakit TB yang rentan terhadap obat diobati dengan kursus 6 obat antimikroba 6 bulan standar yang dilengkapi dengan informasi, pengawasan dan dukungan kepada pasien oleh petugas kesehatan atau sukarelawan terlatih. Tanpa dukungan semacam itu, kepatuhan pengobatan bisa sulit dan penyakitnya bisa menyebar. Sebagian besar kasus TB dapat disembuhkan ketika obat-obatan disediakan dan diambil dengan benar. Antara tahun 2000 dan 2015, diperkirakan 49 juta jiwa diselamatkan melalui diagnosis dan pengobatan TB.

Maka dari itu, betapa bahaya nya penyakit tuberkulosis jika tidak segera diatasi dan diobati sampai tuntas. Bailah, mulai dari sekarang mari kita jaga kesehatan dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat. 🙂

Posted: Ragam Obat Herbal

Wajib Anda Ketahui Bahaya Penyakit Infeksi Tuberkulosis

Baca juga artikel menarik lainnya :
Tanda Dan Gejala Penyakit Infeksi Tuberkulosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *